Sabtu, 22 Maret 2014

Bab 3 - Akses Internet

Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

A.  Perangkat Lunak Untuk Mengakses Internet 

1.Internet Explorer
           Internet Explorer merupakan browser bawaan dari sistem OS ( Operating System ) atau Operasi Windows. Saat ini, Internet Explorer sudah mengeluarkan berbagai versi. Versi yang terakhir saat ini adalah Internet Explorer 10. Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan WebSideHistory sebagai penganalisa web, menunjukan bahwa pengguna Internet Explorer saat ini mencapai 93,7 %. Oleh karena itu, Internet Explorer dinyatakan sebagai browser paling banyak digunakan oleh para pengakses internet pada saat itu.
            Internet Explorer banyak digunakan oleh para pengakses Internet untuk melakukan browsing karena memiliki kelebihan-kelebihan seperti berikut.
1.) Internet Explorer tidak memerlukan memori komputer yang terlalu besar sehingga tidak menghambat alur kerja program lain yang sedang berjalan secara bersamaan dengan program Internet Explorer
2.) Jika Komputer menggunakan sistem operasi  Windows, Internet Explorer sudah secara otomatis terinstal. Oleh karena itu, tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.
3.) Internet Explorer sudah terintegrasi dengan Microsoft Outlock ataupun Microsoft Express sehingga lebih memudahkan untuk mengirim dan membaca e-mail

Selain memiliki kelebihan, Internet Explorer juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah;

1.) Ukuran aplikasinya besar, dapat mencapai 80 Mb ( MegaByte )
2.) Belum terintegrasi dengan berbagai perangkat lunak download menager seperti Internet Download Menager, Flash Got, Free Download Menager, dan lain sebagainya.
3.) Fitur-fitur nya masih sedikit dibandingkan Mozilla Firefox
4.) Kecepatan untuk melakukan browsing masih lambat dibandingkan Mozilla Firefox
5.) Hanya dapat digunakan untuk sistem operasi Windows, sedangkan pada sistem operasi Linux dan Mac ( Macintosh ) tidak bisa digunakan.

2. Mozilla Firefox 




Mozilla Firefox ( dengan istilah Phoenix dan kemudian untuk sesaat sebagai Mozilla Firebird ) adalah penjelajah web antarplatform gratis yang dikembang oleh yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawannya. Mozilla Firefox sekarang telah sampai ke versi 29.0 "Beta"


    Kelebihan dari Mozilla Firefox adalah
1.) Ukuran applikasi yang relatif lebih kecil , yaitu sekitar 7,3Mb
2.) Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas, misalnya Ctrl + T untuk membuka Tab baru, maupun gerakan mouse pintas (  mouse gesture ), misanya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.
3.) Memiliki fitus organisasi bookmark yang mampu meng-organisasikan beberapa tab sekaligus
4.) Fiturnya lebih banyak dari pada Internet Explorer
5.) Tampilan browser dapat dikostumisasi menggunakan skin.
6.) Tampilan halaman yang lebih luas dan area toolbar lebih ringkas.
7.) Keceptan akses nya lebih cepat dibanding Internet Explorer
 
    Mozilla Firefox juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah
1.) Tidak terintegrasi oleh Microsoft Outlock ataupun Microsoft Express
2.) Memakan banyak memori komputer sehingga sering mengganggu proses dan program lain yang berjalan bersamaan dengan Mozila Firefox.
3.) Harus diinstal dulu, tidak otomatis seperti halnya seperti Internet Explorer yang terinstal bersama dengan sistem operasi Windows.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar